Beberapa Manfaat Hebat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Nama ilmiah buah sirsak yaitu Annona muricata, namun juga dikenal dengan guanabana, paw-paw, sirsak, dan graviola. Keluarga Annonaceae, biasanya disebut keluarga apel custard, termasuk sirsak. 

Buah besar berbentuk oval diproduksi di pohon. Dagingnya yang keputih-putihan dan berserat terbungkus dalam kerangka luar berwarna hijau yang dihiasi tulang belakang.  Sirsak memiliki rasa paling enak dibandingkan kombinasi mangga dan nanas. 

Gambar/foto buah sirsak: dari pixabay.com


Berikut 9 Manfaat Buah Sirsak untuk kesehatan 

1. Tinggi vitamin C dan antioksidan

Dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, ini banyak terdapat pada sirsak. Sistem kekebalan Anda diperkuat oleh vitamin ini, yang meningkatkan kemampuannya untuk melawan virus. 

Selain itu, ini mendorong pemecahan radikal bebas, yang dapat melindungi kulit dan sel Anda dari kerusakan oksidatif dari lingkungan. Jumlah vitamin C harian yang disarankan adalah 215% dari apa yang ditemukan dalam satu buah sirsak penuh. Lebih banyak antioksidan, termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid, dapat ditemukan dalam sirsak.

2. Pencernaan yang sehat 

Satu buah sirsak utuh menyediakan hampir 83% serat yang harus Anda miliki setiap hari, komponen penting untuk kesehatan sistem pencernaan Anda. Serat mendukung keteraturan dan menjaga dari masalah pencernaan termasuk sembelit.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Daun tanaman sirsak diinfuskan dan diseduh menjadi minuman yang bermanfaat untuk mengobati pola tidur yang tidak normal.

4. Berpotensi mencegah kanker

Ekstrak sirsak dapat mengecilkan tumor kanker payudara dan membasmi sel kanker, menurut dua penelitian. Ekstrak dapat mencegah pertumbuhan sel leukemia, studi lain menemukan.

5. Menurunkan  peradangan

Sirsak memiliki sekitar 200 komponen kimia, yang paling signifikan adalah alkaloid, fenol, dan acetogenins, yang membantu meredakan peradangan. Alkaloid yang berasal dari tumbuhan merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan dapat membantu mengurangi peradangan, terutama dalam kasus kolitis dalam penelitian ini. 

Dengan menghilangkan radikal bebas, antioksidan mengurangi kerusakan akibat stres oksidatif pada sel Anda. Peradangan adalah salah satu konsekuensi negatif dari stres oksidatif. Oleh karena itu, antioksidan dalam sirsak dapat membantu menurunkan respons inflamasi dalam tubuh.

6. Mengontrol tekanan darah

Kalium membantu menghilangkan garam dari sistem Anda dan mengurangi ketegangan di pembuluh darah. Satu buah sirsak menyediakan antara sepertiga dan setengah dari asupan kalium harian yang dibutuhkan.

7. Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

Ekstrak daun sirsak dapat membantu mencegah cutaneous papilloma, suatu kelainan yang menghasilkan erupsi tumor kulit. Selain itu, sirsak bermanfaat untuk kulit yang daunnya menenangkan kulit bayi. Menurut beberapa sumber, pasta sirsak membantu rambut dengan mengurangi ketombe dan iritasi serta menguatkannya.

8. Membantu melawan bakteri

Buah asam mungkin memiliki sifat antimikroba. Menurut sebuah penelitian, berbagai bakteri, termasuk yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi, dapat dibunuh dengan ekstrak. Studi lain menemukan bahwa ekstrak sirsak mungkin efektif melawan kuman Staphylococcus dan kolera. 

9. Membantu Pencernaan

Serat merupakan komponen penting untuk kesehatan pencernaan. Satu buah sirsak mengandung sekitar 83% dari jumlah harian yang dibutuhkan. Serat menambah curah pada makanan Anda, membuatnya lebih mudah untuk bergerak melalui saluran pencernaan Anda. 

Selain itu, buah sirsak juga membantu meningkatkan pergerakan usus dan bermanfaat bagi kesehatan usus. Akibatnya, serat meningkatkan keteraturan dan membantu menghindari masalah pencernaan seperti sembelit.

Komentar